Kompetesi dasar :
Memahami dan menjelaskan sejarah munculnya firqoh-firqoh dalam Islam
Indikator :
1.
Menjelaskan bibit-bibit perselisihan di antara
umat islam setelah wafatnya Rasulullah saw.
2.
Menjelaskan pendapat kaum muhajirin dan anshor
mengenai pengganti Rasulullah
saw.
3.
Menyebutkan kelompok-kelompok yahudi dari yaman
yang menghembuskan api perpecahan di kalangan umat islam
4.
Menyebutkan sahabat-sahabat Nabi saw. Yang
termasuk khulafaur-rasyidin
A. Bibit perselisihan di antara ummat islam
setelah Rasulullah saw. Wafat
Ketika Rasulullah saw masih
hidup seluruh agama islam baik pemahaman,
Pengalaman ajaran islam dapat dilangsung diterima dan melihat contoh
Rasulluah saw. ApAbila ada masalah-masalah urusan agama islam bahkan urusan
kemasyarakatan para sahabat dapat menanyakan langsung kepada Rasulullah saw.
Sehingga perbedaan pemahaman dan pandangan urusan agama islam tidak terlihat
dan terjadi. Termasuk di dalamnya unsur berkenaan dengan pemerintah negara.
Rasulullah saw. Dalam menyebar
luaskan ajaran islam sebagai rujukan dan contoh tauladan utama dalam memahami
dan mengamalkan ajaran islam umat islam dapat melihat langsung contoh dalam
pengalaman ajaran islam dari Rasulullah saw.
Rasulullah Muhammad Saw. Selain
sebagai Nabi dan Rasul, juga sebagai kepala pemerintah/ kepala negara, hakim
(qodhi), sehingga segala urusan hidup dan kehidupan ummat islam sangat
mengikuti dan menaati yang dipraktekan dan dicontohkan Rasulullah saw.
Rasulullah saw wafat hari senin
12 robi’ul awwal tahun 11 hijriah bertepatan dengan 8 juni 532 miladiyah dalam
usia 63 tahun lebih empat hari selagi waktu dhuha
sudah terasa panas dan baru
dimakamkan 14 Robi’ul Awwal tahun 11 hijriah.
B. Pendapat kaum anshor dan muhajirin mengenai
pengganti Rasulullah saw.
Pada hari wafat dan sebelum
mengurus jasad Rasulullah saw, terjadi silang pendapat tentang pengganti beliau. Sekumpulan
kaum anshor (sahabat-sahabat Nabi yang berasal dari madinah) berkumpul di suatu
bAlirung yang bernama tsaqifah bani saidah untuk mencari Kholifah (pengganti Nabi
yang sudah wafat). Kaum anshor ini dipimpin oleh sa’ad bin ubadah(ketua kaum
anshor dari suku khazraj).
Mendengar berita tersebut, kaum
muhajirin(sahabt-sahabat rasul asal makkah yang hijrah ke madinah) mendatangi
dan memenuhi kaum anshor di balairung itu dengan dipimpin sayyidina Abu Bakar
ash-shiddiq ra. Sementara Ali karom allahum wajhah (kw) bin Abi thAlib tidak
hadir di tsaqifah bani saidah karena
sedang sibuk mengurus jenazah Rasulullah saw. Ketika sampai berita kepada Ali
bin Abi thAlib tentang pembai’atan Abu ash-shidiq, ia diam beberapa lama dan
akhirnya Ali kw membai’atnya.
Dengan demikian terbentuklah
pendapat ketiga yang memandang bahwa Kholifah
itu harus dari ahlul bait atau kerabat Nabi. Adapun kerabat Nabi saw yang pAling
dekat adalah sayyidina abbas, paman Nabi saw dan Ali bin Abi thAlib anak pamannya.
Ali termasuk salah seseorang
sahabat yang pertama-tama mauk islam , suami siti fatimah putri Rasulullah saw
dan tidak ada orang yang mengingkari tentang jihad, ilmu dan keutamaannya,
dengan demikian, kelompok ini yang mengusulkan pengganti Rasulullah muhammad
saw sebagai khAlifah adalah sayyidina Ali bin Abi thalib dari lingkungan ahlul
bait(keluarga).
Sementara kaum anshor
mengusulkan pengganti Rasulullah saw adalah sa’ad bin ubadah dan kaum muhajirin
mengusulkan sayyidina Abu Bakar ash-shiddiq dan sayyidna ummar bin khottbah ra. Setelah terjadi perdebatan sengit,
akhirnya disepakati dan diangkatlah sayyidinah Abu Bakar ash-shiddiq ra.
Sebagai Kholifah menggantikan Rasulullah
saw. Perdebatan tersebut terjadi hingga hari senin sore , sementara kaum muslim
sibuk membuat persiapan untuk menggurus jenazah hingga akhir mlam mendekati
subuh malam selasa .sementara jasad Rasulullah saw. Yang mulai tetap membujur
di atas tempat tidur dengan diselubungi kain hitam . pintu rumah ditutup dan
hanya boleh dimasuki keluarga.
Pada hari selasa para keluarga
memandikan jasad beliau tanpa kein yang menyelubungi. Adapun yang memandikan
adalah Sayyidina Abbas (paman), Ali bin Abi ThAlib (menantu), Al-Fadhl, Qotsam
( Keduanya anak al –Abbas), Syaqran ( pembantu Rosullah Saw.) Usamah bin Zaid
dan Aus bin Khaily.Syyidina Abbas, Al-Fadhl
dan Qotsam bertiga mambAlik- bAlikkan jasad,Syaqram mengguyurkan air, Ali
bin Abi ThAlib KW. Membersihkannya dan
Aus mendekap jasad beliu di dadanya . Kemudian mereka mengkafani jasad beliu
dengan tiga lembar kain putih dari bahan katun ,Tanpa menyertakan pakain atau
pun tutup kepala.
C. kelompok Yahudi yaman yang menghembus kan
api perpecahan di kalangan umat Islam
Kelompok Yahudi dari yaman terus
mengobarkan api permusuhan dengan mempropagandakan Ali kw. Salah seorang penganjurnya yang terkenal adalah Abdullah ibnu saba,seorang yahudi yang mengaku masuk islam.
Muncul dan berkembang api
perpecahan ini terjadi Lagi ketika
Sayyidina Utsman bin Affan ra
diangkat menjadi Kholifah
menggantikan Sayyidina Umar bin khathab. Mulailah pendukung Ali bin Abi Thalib itu gelisah dan
kegelisahan mereka bertambah kerena Kholifah meminta bantuan kepada orang orang
Amawiyyin (Bani Umayah), kaum Kerabat sendiri.
Sayyidina Utsman mengangkat
pembantu-pembantu kebanyakan dari
orang orang Amawiyyin dan yang menjadi
sekretaris dan kepercayaan ialah Marwan ibnu Hakam, seorang Amawi .Marwan dan
golongan inilah yang dipandang umat lain telah menghancurkan setiap apa yang
telah di bangun oleh umat islam sebelumnya yaitu Rasulullah Saw.yang di
kosong seta dilanjutkan oleh Abu Bakar
ra dan umar ra, seperti memerangi fanatik kesukuan dan menyebarkan rasa
kesatuan Arab dan Islam.
Mereka telah memerintah sebagai Amawiyyin ,bukan Arab atau Islam Hal ini telah membangkitkan kembAli permusuhan lama yang terpendam antara Bani hasyim dan Bani Umayah . maka pada akhir masa Kholifah Utsman timbullah gerakan gerakan rahasia yang bertujuan hendak memecat Ustman bin Affan ra . dan mengangkat yang lainnya.
Diantara gerakan- gerakan ini terdapat gerakan yang mempropagandakan Ali kw ( memanfaat situasi) dan salah seorang tokohnya adalah Abullah bi saba seorang yahudi dari yaman yang mengaku sudah mauk islam. Ia telah berkeliling ke Basrah, Kufah, Syam dan Mesir menyiarkan madzhab wishyah yaitu bahwa Ali bin Abi Tholib adalah penerima pusaka (washi) dari Nabi Muhammad saw. sebagaimana terdapat washi bagi tiap tiap Nabi. Dia adalah salah seorang pembrontak yang mengakibatkan terbunuhnya Ustman bin Affan ra
M.arza ardiansyah
BalasHapusHadir pak.
Arya Maulana Hdr
BalasHapusPutraabdulqoderjaelani her
BalasHapusA.Rozaq
BalasHapusHadir
dealova hader
BalasHapusNabila Safira , Hadir
BalasHapusVira Nur Shalsha Billah.
BalasHapusHdir pak
Nur oktavia#hader
BalasHapusHadir
BalasHapusYayang shelvy #hadir pak
BalasHapusYayang shelvy #hadir pak
BalasHapusRahmi ayu putri,hadir pak
BalasHapusPutri oktavianti hadir
BalasHapusMuclas Ferdiansyah # hadir
BalasHapusNurul qomariah #hadir pak
BalasHapusUlfa.MauLidyah#Hadir pak
BalasHapusDAVID HADIR PAK
BalasHapusHadir pak
BalasHapusOwi hadir pakk
BalasHapusImelda Jasmine Aprilia Hadir
BalasHapusJazmin layyina hadir pakkk
BalasHapusImam Syafi'i hadir pak
BalasHapusAnik matul chumaidah
BalasHapusHadir
BalasHapusHadir pak
BalasHapusHadirr
BalasHapusYafi hadir
BalasHapusHadir
BalasHapusHdr
BalasHapusHadir pak achmad tantowi
BalasHapusImam safi'i hadir
BalasHapusPutraabdulqoderjaelani hadir
BalasHapusHadir
BalasHapusHdr
BalasHapusHadir
BalasHapusHadir
BalasHapusHdr
BalasHapusA.ROZAQ hdr
BalasHapusArya Maulana hdr
BalasHapusHadir
BalasHapusA.ROZAQ hdr
BalasHapushadir
BalasHapusLaila mufidah #hadir
BalasHapusLaila mufidah #hadir
BalasHapus